1/04/2009

Foto Portrait

Pada mulanya dunia fotografi banyak dimulai dengan jenis foto portrait.Foto portrait itu sendiri merupakan tipe foto yang mementingkan karakter dari objek yang di foto.
Banyak contoh foto portrait yang dapat kita ambil dan menjadikannya acuan untuk meningkatkan kreativitas kita dalam fotografi dengan tipe ini.contoh- contoh portrait seperti profil tokoh, pejuang,artis, atau bahkan orang- orang yang telah kita kenal sebelumnya.

Portrait diartikan sebagai lukisan, gambar, patung atau gambaran keindahan dari manusia,dimana ekspresi wajah begitu dominan untuk mengungkapkan persamaan, kepribadian, bahkan perasaan seseorang. Beranjak dari pengertian tersebut, maka foto portrait dapat diartikan bukan sebagai foto tetapi kumpulan gambar dari seseorang dengan berbagai posisi. Foto portrait merupakan tipe foto yang tidak dapat digantikan oleh medium apapun.

Pada umumnya foto portrait menampilkan ekspresi alami dari objek yang di foto.
disini mata dari objek menjadi komponen penting dari sebuah foto portrait.
Selain kekuatan mata, unsur lain yang dapat memperkaya foto portrait adalah lingkungan. Foto portrait banyak berkaitan dengan foto jurnalistik tapi antara keduanya sebenarnya terdapat perbedaan. Foto jurnalistik merupakan gabungan dari unsur visual dan kata- kata dimana foto tersebut akan lebih jelas maknanya bila didukung dengan penjelasannya. Sedangkan foto portrait dapat langsung menceritakan suatu keadaan objek dan latar belakangnya.

4 komentar:

  1. hmm....
    rada g ngerti..c..
    :b hehehehehe
    maaf..
    tp keren isinya,

    BalasHapus
  2. nice info!

    tapi kayakna ada yang kurang dech..
    contoh votonya mana? biar labih mantabh gtu..

    hehehe..7x

    piss..!
    ^^v

    BalasHapus
  3. Luar biasa artikelnya...informatif.

    Wah, sepertinya banyak kemajuan nih bro setelah mengarungi dunia Fotografi Malang... :D

    Oh iya, betul tuh kata Arlingga...klo ada karyanya makin mantap... Tapi no problem...Mengerti teorinya dan tinggal praktek deh..

    Ini ada contoh foto potrait...
    http://www.portrait-photos.org/
    Semoga bermanfaat untuk bahan referensi.

    Tetap berkarya bro dan ditunggu posting selanjutnya.

    :D

    BalasHapus
  4. hahaha...
    tenkz bro..

    fotonya menyusul coz lom sempat motret lagi
    hehehe...

    BalasHapus